Pembahasan E-BUSINESS & E-COMMERCE Menurut Para Ahli

E-BUSINESS & E-COMMERCE

Menurut Para Ahli


Perkembangan Teknologi Informasi telah berhasil menciptakan infrastruktur informasi baru. Internet memiliki beberapa daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, misalnya dalam hal kenyamanan, kecepatan data, akses 24 jam sehari, efisiensi, alternatif ruang dan pilihan yang tanpa batas, personalisasi, sumber informasi dan teknologi yang potensial dan lain lainnya. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan  bisnis berupa 'Digital Marketing'.
 

1. E-BUSINESS-  Electronic Business


*Sejarah E-Business

Pada tahun 1994, IBM dengan agensinya Ogilvy & Mather, mulai menggunakan fondasinya dalam solusi & keahlian TI untuk memasarkan dirinya sebagai pemimpin dalam melakukan bisnis di internet atau 'Bisnis Elektronik'. Kemudian CEO Louis V.Gerstner,Jr. Siap menginvestasikan $1 miliar untuk memasarkan brand baru ini.

Setelah melakukan riset pasar di seluruh dunia pada bulan oktober 1997, IBM memulai dengan potongan delapan halaman di wall street journal yang akan memperkenalkan konsep "E-Business" dan mengiklankan keahlian IBM di bidang baru. Pada tahun 2000, untuk membedakan dirinya sendiri, IBM meluncurkan kampanye senilai $300 juta tentang kemampuan "Infrastruktur E-Business" -nya. Sejak saat itu, istilah "e-business" telah saling dipertukarkan secara longgar dan telah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari.

Definisi E-Business

  • Menurut Lou Gerstner :
Aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
  • Menurut Mohan Sawhney :
The use of electronic networksand associated technologies to enable, improve, enhance, transform, or invent a business process or business system to create superior value for current or potential customers
Penggunaan jaringan elektronik dan teknologi yang terkait untuk memungkinkan, meningkatkan, meningkatkan, mengubah, atau menciptakan proses bisnis atau sistem bisnis untuk menciptakan nilai unggul untuk saat ini atau pelanggan yang potensial.
  • Menurut Steven Alter:
Praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
  • Menurut Samantha Shurety:  
Mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis. 
  • Menurut MSN Encarta: 
Penggunaan internet untuk pengelolaan bisnis misalnya untuk menghubungkan dengan konsumen, supplier, pekerja, dan rekan bisnis. Perusahaan yang menggunakan teknologi internet.

2. E-COMMERCE- Electronic Commerce


*Sejarah E-Commerce

Pada awal penerapan Electronic Commerce yang bermula di awal tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer (EFT). Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar, lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI (Electronic Data Interchange). 

Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya. Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.

Definisi E-Commerce 
  • Menurut Laudon & Laudon  
E-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.
  • Menurut David Baum  
"E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations."
E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
  • Menurut Kalakota dan Whinston ditinjau dalam 4 perspektif:
  1. Perspektif komunikasi, e-commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
  2. Perspektif proses bisnis, e-commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja. 
  3. Perspektif layanan, e-commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
  4. Perspektif online, e-commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
  • Menurut Triton 
Ssebagai perdagangan elektronik dimana untuk transaksi perdagangan baik membeli maupun menjual dilakukan melalui elektronik pada jaringan internet. Keberadaan e-commerce sendiri dalam internet dapat dikenali melalui adanya fasilitas pemasangan iklan, penjualan, dan service support terbaik bagi seluruh pelanggannya dengan menggunakan sebuah toko online berbentuk web yang setiap harinya beroperasi selama 24 jam.
 
So, kalian sekarang sudah mengerti dan mengetahui berbagai perspektif E-Business dan E-Commerce menurut para ahli kan? Semoga membantu!

Comments

Popular Posts