Pembahasan E-BUSINESS & E-COMMERCE Menurut Para Ahli
E-BUSINESS & E-COMMERCE
Menurut Para Ahli
Perkembangan Teknologi Informasi telah berhasil menciptakan
infrastruktur informasi baru. Internet memiliki beberapa daya tarik dan
keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, misalnya dalam hal
kenyamanan, kecepatan data, akses 24 jam sehari, efisiensi, alternatif
ruang dan pilihan yang tanpa batas, personalisasi, sumber informasi dan
teknologi yang potensial dan lain lainnya. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang
menciptakan bisnis berupa 'Digital Marketing'.
1. E-BUSINESS- Electronic Business
*Sejarah E-Business
Pada
tahun 1994, IBM
dengan agensinya Ogilvy & Mather, mulai menggunakan fondasinya dalam
solusi & keahlian TI untuk memasarkan dirinya sebagai pemimpin
dalam melakukan
bisnis di internet atau 'Bisnis Elektronik'. Kemudian CEO Louis
V.Gerstner,Jr. Siap menginvestasikan $1 miliar untuk memasarkan brand
baru ini.
Setelah melakukan riset
pasar di seluruh dunia pada bulan oktober 1997, IBM memulai dengan potongan
delapan halaman di wall street journal yang akan memperkenalkan konsep
"E-Business" dan mengiklankan keahlian IBM di bidang baru. Pada tahun 2000, untuk
membedakan dirinya sendiri, IBM meluncurkan kampanye senilai $300 juta tentang
kemampuan "Infrastruktur E-Business" -nya. Sejak saat itu, istilah
"e-business" telah saling dipertukarkan
secara longgar dan telah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari.
Definisi E-Business
- Menurut Lou Gerstner :
Aktivitas
yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses
pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai
medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi
internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem,
pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
- Menurut Mohan Sawhney :
“The
use of electronic networksand associated technologies to enable,
improve, enhance, transform, or invent a business process or business
system to create superior value for current or potential customers”
Penggunaan
jaringan elektronik dan teknologi yang terkait untuk memungkinkan,
meningkatkan, meningkatkan, mengubah, atau menciptakan proses bisnis
atau sistem bisnis untuk menciptakan nilai unggul untuk saat ini atau
pelanggan yang potensial.
- Menurut Steven Alter:
Praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur,
penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan
teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
- Menurut Samantha Shurety:
Mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan
transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling
mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun
grosir. mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian,
penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan
bisnis.
- Menurut MSN Encarta:
Penggunaan internet untuk pengelolaan bisnis misalnya
untuk menghubungkan dengan konsumen, supplier, pekerja, dan rekan
bisnis. Perusahaan yang menggunakan teknologi internet.
2. E-COMMERCE- Electronic Commerce
*Sejarah E-Commerce
Pada awal penerapan Electronic Commerce yang bermula di awal tahun
1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer (EFT).
Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan
berskala besar, lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan
menengah kebawah yang nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang
dinamakan EDI (Electronic Data Interchange).
Bermula dari transaksi
keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat
perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga
keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya. Kemudian
terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari
trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu
sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.
Definisi E-Commerce
- Menurut Laudon & Laudon
- Menurut David Baum
"E-Commerce
is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process
that link enterprises, consumers, and communities through electronics
transactions and the electronic exchange of goods, services, and
informations."
E-Commerce
merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi
yang dilakukan secara elektronik.
- Menurut Kalakota dan Whinston ditinjau dalam 4 perspektif:
- Perspektif komunikasi, e-commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
- Perspektif proses bisnis, e-commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
- Perspektif layanan, e-commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
- Perspektif online, e-commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
- Menurut Triton
So, kalian sekarang sudah mengerti dan mengetahui berbagai perspektif E-Business dan E-Commerce menurut para ahli kan? Semoga membantu!





Comments
Post a Comment